Rem Koolhaas

0 comments
         Rem Koolhaas adalah salahsatu arsitek berkebangsaan Belanda yang karyanya mendunia. Nama lemngkapnya adalah Remment Lucas Koolhaas, ia lahir di Rotterdam, Belanda pada 17 November 1944. Yang menariknya adalah beliau pernah tinggal di Indonesia pada tahun 1952-1955.

       Sebelum menjadi arsitek, Rem Koolhaas berprofesi sebagai seorang jurnalis di surat kabar Belanda, Haagse Post. Sebelum akhirnya beliau menjadi pendiri OMA (Office for Metropolitan Architecture) pada
1975 bersama Elia dan Zoe Zenghelis.

       Beberapa hasil karyanya adalah dua diantaranya Seattle Library di Washington, Amerika Serikat serta gedung CCTV di Beijing, China. Seattle Library seperti namanya adalah sebuah bangunan perpustakaan. Perpustakaan ini berbeda dengan biasanya. Dari bentuk bangunan yang mencolok karena berbeda dengan bangunan di sekitarnya, mengundang orang untuk masuk ke dalam bangunan tersebut. Sebagai gudang informasi, perpustakaan ini dirancang menjadi bangunan publik yang nyaman untuk memperoleh data dan informasi serta melakukan hal lain selain membaca buku.






G+

Post a Comment