Jean Nouvel

0 comments
Jean Nouvel (lahir di Fumel, Lot-et-Garonne, Perancis, 12 Agustus 1945) adalah seorang arsitek Perancis. Nouvel belajar di École des Beaux-Arts di Paris dan anggota pendiri Mars 1976 dan Syndicat de l'Architecture.

Ia telah memperoleh sejumlah penghargaan sepanjang kariernya, termasuk Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur (sebenarnya ditujukan pada Institut du Monde Arabe yang dirancang Nouvel), Penghargaan Wolf tahun 2005 dan Penghargaan Pritzker tahun 2008. Banyak museum dan pusat arsitektur memajang berbagai karyanya.

Jean Nouvel beserta arsitek lainnya, yaitu Frank Gehry, Tadao Ando dan I.M. Pei yang menerima penghargaan tertinggi di bidang arsitektur, terutama dalam beberapa desain seperti gedung museum dan  opera di seluruh dunia.


Jean Nouvel menggambarkan bahwa susunan bangunan yang ia desain tidak selalu menganut dogma atau patokan yang sudah ada sejak lama, tetapi setiap desainnya merefleksikan waktu, tempat, dan siapa penghuninya.

"Saya rasa setiap lokasi dan perencanaan pembangunan harus mempunyai ketepatan dalam sebuah pengerjaan yang spesifik untuk menyelesaikan sebuah desain arsitektur. Saya selalu meneliti jika ada sesuatu yang janggal dan saya suka menganalisa lokasi serta kondisi lokasi yang akan dibangun untuk mendapatkan jawaban dari kejanggalan tersebut,” ujar Jean Nouvel.



G+

Post a Comment