Kamera tercepat di dunia, berukuran 1 meter

0 comments
   Jepang sekali lagi membuat dunia terkagum dengan penemuannya yang unik. Universitas Keio dan Tokyo telah berhasil berkolaborasi untuk membuat sebuah kamera tercepat di dunia. Bahkan, gerakan di tingkat molekul pun tak bisa lepas dari pandangannya.


Para pakar dari kedua universitas berhasil membuat sebuah kamera yang memiliki kecepatan bidik hingga 4,4 juta fps. Namun itu belum
semuanya, karena kamera yang berbasis femtografi (teknik membidik kilat) ini diklaim mampu 'menyedot' cahaya, tidak hanya menangkapnya.


       Penggunaan teknologi STAMP (Sequential Timed All-optical Mapping Photography) lah yang membuat semua ini bisa terjadi. Alhasil, kamera tersebut mampu menangkap gerakan yang memiliki kecepatan hingga satu per enam kecepatan cahaya.


       Kamera kilat itu bisa dimanfaatkan untuk membantu penelitian di berbagi cabang, seperti olahraga hingga teknik, terutama untuk proses-proses mekanik yang bekerja di kecepatan tinggi. Para peneliti pun akhirnya bisa membuat versi gerak lambat dari aktivitas yang tengah dilakukan dengan lebih detail.


       Seperti yang dilansir oleh phys.org (11/08), kecepatan kamera buatan Jepang ini meningkat hingga 1000 kali lipat lebih cepat dibanding kamera super kilat sebelumnya. Meskipun kecepatannya sangat tinggi, kamera ini masih bisa menghasilkan gambar yang cukup jelas di resolusi 450 x 450 piksel.


       Untuk saat ini, peneliti dari kedua universitas masih berusaha membuat versi mini dari kamera tersebut. Hal ini cukup beralasan, sebab sampai sekarang ukurannya mencapai satu meter persegi! Lebih lanjut, kamera ini diharapkan segera bisa dipakai untuk mengabadikan momen-momen 'dramatis' yang terjadi saat reaksi kimia tengah berlangsung dalam hitungan sepersekian detik saja.








G+

Post a Comment