Sekolah Hijau di tengah Kota Paris

0 comments
       Siapa yang tak bakal betah, jika memiliki lingkungan sekolah yang asri dan hijau. Meski berada di tengah kota dan menempati lahan yang cukup sempit, sebuah sekolah dasar yang baru dibuka pada bulan September tahun lalu di Boulogne Billancourt, sebuah komune di pinggiran barat Paris, tetap bisa memiliki lingkungan sekolah yang asri dan hijau.

Pengelola sekolah ini tampaknya cukup cerdik dalam menyiasati lahan mereka yang tidak terlalu luas. Mereka pun kemudian membangun sebuah lahan-lahan hijau di atap mereka yang besar.

Sebagaimana dilansir amusingplanet, lahan itu digunakan untuk mempromosikan ilmu pengetahuan, keanekaragaman hayati dan pembangunan berkelanjutan melalui arsitektur dan pendidikan.

Proyek menakjubkan ini dirancang oleh seorang arsitek asal Paris bernama Chartier-Dalix. Dia pernah memenangkan sebuah kompetisi desain pada tahun 2011.

Sekolah ini memiliki delapan belas ruang kelas, dan pusat olahraga yang terbuka bagi warga setempat. Ruang olahraga outdoor itu berada pada ketinggian 12 meter atau berada pada lantai tiga gedung sekolah tersebut.

Setiap tingkat memiliki taman bermain sendiri, dan masing-masing dilengkapi dengan lahan tanah yang dihiasi beberapa furnitur dan pohon.







G+

Post a Comment