Stasiun dengan feel seperti di luar angkasa

0 comments
       Selama sepuluh tahun terakhir, kota Naples, Italia, berusaha mengubah bagian dari sistem kereta api bawah tanah mereka. Otoritas setempat telah mempekerjakan para seniman kontemporer untuk mengubah pusat-pusat transportasi umum di daerah perkotaan menjadi sebuah galeri seni.

       Perubahan itu akan membuat pusat-pusat transportasi umum menjadi lebih menarik. Di bawah arahan Achille Bonto Oliva, mantan direktur Venice Biennale, total ada 14 stasiun yang akan diubah menjadi galeri seni.


       Sebagaimana dilansir amusingplanet, sepanjang jalur 1 dan 6 dari jaringan Metro, telah dihiasi dengan lebih dari 200 karya seni. Semua karya itu diperoleh dari ratusan seniman dan arsitek seperti Alessandro Mendini, Anish Kapoor, Gae Aulenti, Michelangelo Pistoletto, Karim Rashid, dan Sol LeWitt.

       Salah satu yang paling indah adalah Toledo Metro Station, yang dibuka pada September 2012. Stasiun ini dirancang oleh perusahaan Spanyol, Oscar Tusquets Blanca. Menonjolkan tema air dan cahaya, stasiun ini memiliki dua mosaik menakjubkan yang dibuat oleh seniman Afrika Selatan, William Kentridge, serta beberapa karya dari Francesco Clemente, Ilya dan Emilia Kabakov, Shirin Nehsat dan Oliviero Toscani.

        Ketika Anda memasuki stasiun ini, Anda mungkin akan merasa bahwa Anda sedang berada di luar angkasa. Toledo Metro Station menampilkan ornamen langit-langit yang begitu indah yang sangat jarang ditemui di tempat lain.









G+

Post a Comment