Cara Menaklukkan Rasa Lapar

0 comments
        Ketika Anda sedang berdiet, rasa lapar adalah hal utama yang sulit untuk ditaklukan. Rasa lapar yang amat sangat mampu membuat Anda mengonsumsi banyak makanan untuk membuat Anda merasa kenyang. 

       Hasilnya, program diet Anda gagal dan Anda malah bertambah gemuk. Oleh sebab itulah, mempunyai cara yang cerdik untuk menaklukan rasa lapar adalah hal yang penting.

Berikut adalah cara sehat untuk mengalahkan rasa lapar seperti dilansir dari boldsky.com.



Minum air setiap jam

       Untuk mencegah lapar, minumlah segelas air setiap jam. Kebiasaan baik ini membantu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan membuat Anda merasa kenyang. Bonusnya, tubuh Anda pun akan terhidrasi dengan baik.


Menambahkan kayu manis dalam makanan

       Kayu manis adalah rempah-rempah sehat yang membantu untuk menjaga kestabilan gula darah Anda. Hal ini berarti bahwa kinerja pencernaan Anda akan melambat dan Anda tidak mudah merasa lapar.


Makan secara perlahan

       Jika Anda makan dengan cepat, maka makanan tidak dicerna dengan baik. Namun jika Anda makan dengan lambat, maka makanan Anda bisa dicerna dengan baik yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.


Konsumsi buah utuh daripada jus

       Buah memang baik untuk kesehatan. Namun daripada minum jus, lebih baik konsumsi buah potongan. Sebab buah dalam bentuk ini akan dicerna dengan lebih lama dan Anda akan tetap kenyang lebih lama.


Kurangi gula

       Gula mampu membuat Anda merasa lapar dan merasa kenyang dengan waktu yang cepat. Ketika gula darah Anda menurun, maka Anda pun akan merasa lapar. Oleh karena itu kurangi konsumsi gula sehingga rasa lapar Anda pun tidak dikendalikan dengan gula.


Makan banyak serat

       Serat merupakan makanan yang butuh waktu lama untuk dicerna. Sehingga selalu konsumsi serat untuk menu sarapan, makan siang, dan makan malam Anda. Serat sendiri juga baik untuk kesehatan pencernaan Anda.


Minum teh atau kopi

Kopi atau teh adalah minuman yang baik untuk menekan rasa lapar. Lebih baik pula jika Anda minum teh hijau dengan minim gula. Sebab teh ini mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Konsumsi protein

       Selain serat, protein juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, konsumsilah protein dengan rendah lemak jahat di dalamnya seperti dada ayam atau daging tanpa lemak.

Makan dengan porsi kecil namun sering


Daripada makan tiga kali sehari, konsumsilah makanan dengan porsi kecil namun sering. Pola makan seperti ini akan membantu Anda untuk menjaga gula darah sehingga Anda pun akan terhindar dari rasa lapar.


Jangan melupakan sarapan

       Sebuah fakta kesehatan membuktikan bahwa sarapan mampu membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari. Sebaliknya, ketika Anda melewatkan sarapan maka Anda akan cenderung makan berlebihan saat makan siang yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah naik drastis yang justru mampu membuat Anda merasa lapar.

Nafsu makan yang tidak dikelola dengan baik justru akan memberikan dampak kesehatan yang buruk. Oleh karena itu, coba terapkan cara di atas untuk mengelola nafsu makan Anda.








G+

Post a Comment