Cara Membunuh Rasa Malas Saat Deadline Menanti

0 comments
1. Pikirkan konsekuensinya

       Pikirkan akibat yang harus kamu tanggung kalau kamu sampai menunda-nunda menyelesaikan tugas. Semakin kamu malas, semakin kamu tunda-tunda pekerjaanmu, akhirnya tugas yang harus kamu selesaikan di hari-hari menjelang deadline akan semakin menumpuk.

       Akibatnya kamu harus ponta-panting untuk menyelesaikan tugas di saat-saat terakhir. Jadi saat rasa malas melanda, ingat baik-baik keribetan yang akan kamu alami menjelang deadline nanti.


2. Jangan cari-cari alasan


       Salah satu hal buruk yang sering kita lakukan saat sedang malas mengerjakan tugas adalah mencari-cari alasan untuk menunda mengerjakan tugas itu sendiri. Ada saja excuse yang sengaja kamu pakai. Mulai dari ilham yang belum mampir, sampai otakmu yang bakal lebih kreatif dadakan kalau mengerjakan tugas saat hampir deadline.

Intinya adalah, jangan cari-cari alasan untuk mengerjakan tugasmu. Ilham nggak bakal datang dari langit saat kamu malas-malasan.


3. Makin cepat dikerjakan, makin banyak waktu luang tersisa


       Semakin cepat kamu menyelesaikan tugasmu, semakin banyak waktu luang yang kamu miliki nantinya. Kamu bisa memanfaatkannya untuk meneliti kembali hasil pekerjaanmu dan memperbaikinya jika ada kekurangan. Jadinya pekerjaanmu pun lebih sempurna.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang yang tersisa untuk mengerjakan hal-hal lain. Jadi saat teman-temanmu kelimpungan menyelesaikan tugas menjelang deadline, kamu sudah bisa berleha-leha.


4. Buat motivasimu sendiri

       Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa malas adalah dengan membuat motivasimu sendiri. Ingat-ingat hal apa saja yang bisa membuatmu bersemangat untuk segera menyelesaikan tugas. Kalau perlu tuliskan di secarik kertas dan pasang di meja belajar atau cermin. Kamu juga bisa menjadikannya reminder di ponsel.


5. Singkirkan gadget

       Smartphone-mu juga bisa mengalihkan perhatianmu dari tugas yang harus dikerjakan. Alih-alih menyelesaikan tugas, konsentrasimu malah pecah dan akhirnya kamu asyik browsing dan update jejaring sosial.


G+

Post a Comment