Tipologi Dalam Arsitektur

0 comments
       Dalam Ilmu Arsitektur, Tipologi digunakan sebagai alat untuk menganalisis obyek. Dengan tipologi suatu obyek arsitektur dapat dianalisis perubahan-perubahan yang berkaitan dengan sifat dasar, serta proses perkembangan bangunan dasar tersebut. 

       Selain itu tipologi juga dapat digunakan untuk menerangkan perubahan-perubahan dari suatu tipe, karena suatu tipe memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dari tipe yang lain.

Tipologi merupakan sebuah studi tentang tipe, namun dalam beberapa literatur ditemukan bahwa tipologi tersebut sama dengan tipe.

       Dari beberapa penjelasan yang dikemukakan oleh beberapa tokoh melalui pengertian dan pemahaman tipologi dapat disimpulkan bahwa definisi tipologi memiliki dua kelompok utama, yaitu: 


- Kelompok pertama, 
Menganggap tipe sebagai properti bentuk geometris dan kelompok; 


- Kelompok kedua, 
       Tipe sebagai atribut bentuk yang berhubungan dan dihubungkan dengan kegunaan dan perkembangan kesejarahan. Sekaitan dengan penelahaan obyek kasus maka tipe dianggap sebagai properti bentuk geometris. 



       Dengan tipologi geometri suatu obyek arsitektur dapat dianalisis perubahan-perubahannya berkaitan dengan bangun dasar, sifat dasar, serta proses perkembangan bangunan dasar tersebut. Selain itu tipologi juga dapat digunakan untuk menerangkan perubahan-perubahan suatu tipe, karena suatu tipe akan memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan tipe yang lain. Oleh karena itu dengan tipologi akan memudahkan didalam mengenali geometri dari sebuah karya arsitektur.





G+

Post a Comment