Pernahakah anda mencoba untuk mempengaruhi orang lain baik dalam 
pemahaman, pikiran dan tindakan? Sebagian orang mudah kita pengaruhi dan
 ada juga sebagian orang yang sulit untuk dipengaruhi.Kenapa sulit untuk mempengaruhi seseorang? sebab kita tidak tahu bagaimana cara untuk meyakinkan mereka agar memiliki kesamaan dengan apa yang kita pikirkan.
       Pernahakah anda mencoba untuk mempengaruhi orang lain baik dalam 
pemahaman, pikiran dan tindakan? Sebagian orang mudah kita pengaruhi dan
 ada juga sebagian orang yang sulit untuk dipengaruhi. Kenapa sulit 
untuk mempengaruhi seseorang? sebab kita tidak tahu bagaimana cara untuk
 meyakinkan mereka agar memiliki kesamaan dengan apa yang kita pikirkan. 
Logical argument
Yaitu penyampaian ajakan menggunakan argumentasi data-data yang ditemukan. 
Hal ini telah disinggung dalam komponen data.
Psychological / emotional argument
Yaitu penyampaian ajakan menggunakan efek emosi positif maupun negatif. 
Misalnya, iklan yang menyenangkan, lucu dan membuat kita berempati 
termasuk menggunakan pendekatan psychological argument dengan efek emosi yang positif. 
Sedangkan iklan yang menjemukan, memuakkan bahkan membuat kita marah 
termasuk pendekatan psychological argument dengan efek emosi negatif.
Argument based on credibility
Yaitu ajakan atau arahan yang dituruti oleh komunikate/audience karena 
komunikator mempunyai kredibilitas sebagai pakar dalam bidangnya. 
Contoh, kita menuruti nasehat medis dari dokter,
kita mematuhi ajakan dari seorang pemuka agama,
kita menelan mentah-mentah begitu saja kuliah dari dosen.
Hal ini semata-mata karena kita mempercayai
kita mematuhi ajakan dari seorang pemuka agama,
kita menelan mentah-mentah begitu saja kuliah dari dosen.
Hal ini semata-mata karena kita mempercayai
kepakaran seseorang dalam bidangnya.
Post a Comment